Budaya Machismo dan Kekerasan Gender (Femicide) di El SalvadorBudaya Machismo dan Kekerasan Gender (Femicide) di El Salvador

Authors

  • Y. A. Wahyuddin Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/ijpss.v2i2.50

Keywords:

femicide, machismo, El Salvador, Amerika Latin

Abstract

Kekerasan terhadap perempuan di El Salvador –sebagai negara dengan julukan the land of gangster memiliki eskalasi yang signifikan dengan puncaknya ialah femicide. Fenomena ini menandakan bahwa relasi kuasa yang tidak setara antara laki-laki dan perempuan semakin menguatkan budaya machismo dalam struktur masyarakat patriarkis di El Salvador, sehingga “budaya kekerasan” dan “budaya diam” dapat diterima secara masif. Budaya kekerasan terhadap perempuan ini tidak muncul tanpa sebab melainkan memiliki akar sejarah yang panjang dan terstruktur. Budaya maskulinitas yang sangat melekat dalam kehidupan masyarakat di El Salvador dan terwujud dalam budaya machismo mempertegas bagaimana dominasi yang dimiliki oleh kaum pria terhadap kaum perempuan. Perempuan seperti dianggap sebagai hak milik dan pemilik bebas untuk memperlakukan miliknya sesuai dengan kehendaknya termasuk yang berwujud kekerasan. Selain budaya patriarki yang sangat melekat tersebut, sejarah perang saudara yang panjang turut mempengaruhi tindakan kekerasan dalam kehidupan masyarakat di El Salvador dan terutama yang menjadi korban adalah perempuan dan anak perempuan. Kekerasan yang terjadi tidak hanya pada sektor domestik tetapi juga dalam sektor publik sehingga hal ini menempatkan perempuan pada posisi yang penuh dengan diskriminasi. Kekerasan yang terjadi justru dilakukan oleh orang-orang terdekat seperti suami, mantan suami, maupun pacar sehingga mengakibatkan ketidakamanan bagi perempuan.

References

Ashari, K., Kamus Hubungan Internasional, Nuansa Cendekia, Bandung, 2015.
Corradi, C., Marcuello-Servós, C., Boira, S., & Weil, S., Theories of femicide and their significance for social research, Current Sociology, 2016.
Division for Policy Analysis and Public Affairs UNODC, Global Study on Homicide 2019, United Nations Office on Drugs and Crime, Vienna, 2019.
Donovan, L., ‘Men Kill Women Because They Can’: Inside El Salvador’s Devastating Femicide Crisis,’ 4 Januari 2019, elle.com (daring), <https://www.elle.com/uk/life-and-culture/a25626891/el-salvador-femicide-crisis/>, diakses pada 12 April 2019.
Donovan, L. dan Asquith, C., ‘El Salvador Kills Women as the U.S. Shrugs,’ 7 Maret 2019, foreignpolicy.com (daring), <https://foreignpolicy.com/
2019/03/07/el-salvador-kills-women-as-the-us-shrugs/>, diakses pada 12 April 2019.
‘El Salvador 2017/2018,’ Country Report, Amnesty International, diunduh dalam <https://www.amnesty.org/en/countries/americas/el-salvador/report-el-salvador/>, diakses pada 20 Juni 2019.
Eriyanti, L. D., ‘Pemikiran Johan Galtung tentang Kekerasan dalam Perspektif Feminisme,’ Jurnal Hubungan Internasional, vol. 6, edisi 1 / April - September 2017.
Galtung, J., ‘Cultural Violence,’ Journal of Peace Research, Vol. 27, No. 3, 1990.
Galtung, J., ‘Violence, Peace and Peace Research,’ Journal of Peace Research Vol. 6 No.3, 1969.
Galtung, J., Peace by Peaceful Means: Peace and Conflict, Development and Civilization, SAGE, New York, 1996.
Galtung, J., The True Worlds: A Transnational Perspective, New York, The Free Press, 1980.
Morales, G., ‘What is femicide?,’ 27 Februari 2020, EL UNIVERSAL (daring), <https://www.eluniversal.com.mx/english/what-femicide>, diakses pada 4 Juli 2020.
Radford, J., Russell, D. E. H., Femicide: The Politics of Woman Killing, Twayne Publisher, New York, 1992.
Roth F. dan Villa A.V. (ed.), Latin American Model Protocol for the investigation of gender-related killings of Women (Femicide/Feminicide), Regional Office for Central America of the United Nations on High Commissioner for Human Rights (OHCHR) and the Americas and the Caribbean Regional Office of United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women (UN Women), diunduh dalam <http://www.oacnudh.org/wpcontent/uploads/2015/10/modelo_protocolo-latinoamericano_investigacion_genero.pdf>, diakses pada 20 Juni 2019.UNDP and UN Womena, From Commitment to Action: Policies to End Violence Against Women in Latin America and the Caribbean: Regional Analysis Document, Panama, 2017.
UNDP and UN Womenb, Gender Equality is an Accelerator to Achieving the SDGs: Discussion Paper, 2018.
UN Women, Ending Violence Against Women: From the Beijing Platform for Action to the Sustainable Development Goals, New York, 2015.
United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women (UN Women), Women and Sustainable Development Goals, UN Women Eastern and Southern Africa Regional Office, Nairobi – Kenya.
Windhu, I. M., Kekuasaaan dan Kekerasan Menurut Johan Galtung, Percetakan Kanisius, Yogyakarta, 1992.

Published

2020-12-30