Strategi Maritime Silk Road China dan dampaknya pada Keamanan Maritim Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29303/ijpss.v2i2.44Keywords:
Maritime Silk Road, China, Indonesia, Jalur sutera MaritimAbstract
Dewasa ini, China menjadi salah satu negara yang menunjukkan peningkatan kapabilitas kekuatan baik militer, ekonomi, dan geopolitiknya yang semakin meluas. Dibawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, China mengembangkan banyak inovasi yang berlandaskan konsep fundamental yang dipegang teguh sejak dulu seperti “Chinese Dream”, “the great rejuvenation of the Chinese nation” serta “the twin centenary goals”. Salah satu gagasan China terbaru adalah mereformulasi Jalur Sutera Kuno China menjadi Belt and Road Initiative, yang menggabungkan jalur darat dan jalur laut sebagai jalur perdagangan utama yang membentang hingga ke Eropa. Jalur maritim China memiliki tujuan menjadi penggerak blue economy China melalui ide blue partnership. Peta maritime silk road yang dibuat China memperlihatkan jalur yang melewati wilayah Indonesia. mempertimbangkan wilayah teritorial LCS yang penuh sengketa dan beberapa kali China kedapatan melakukan pelanggaran di laut Indonesia, maka inisiatif ini memberikan tantangan bagi keamanan maritim Indonesia.
References
britannica.com. (2018, September 19). Silk Road Trade Route. Retrieved from britannica.com: https://www.britannica.com/topic/Silk-Road-trade-route,
Dam, S. (2010). Politik Kelautan. Jakarta: Bumi Aksara.
Danusaputro, M. (1988). Implementasi Wawasan Nusantara dan ZEEI dalam Pembangunan Nasional dalam “Strategi Kelautan; Pengembangan Kelautan dalam Perspektif Pembangunan Nasional”. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
F. Blanchard, J.-M. &. (2017). “The Geopolitics of China’s Maritime Silk Road Inititive”, Journal Geopolitics, Routledge,. Journal Geopolitics, 223.
Huy Hoang, N. (2017). China’s Strategic Moves since the Communist Party of China’s 18th National Congress: Impact on ASEAN Security and Politics, dalam Jabin Jacob and Hoang The Anh (ed.) China and its Neighbourhood; Perspectives from India and Vietnam,. New Delhi: Pentagon Press.
Irawan, J. (2016). “Beberapa Konsiderasi Kritikal bagi Sinergi Poros Maritim dan OBOR”. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional. Makasar: Universitas Hasanuddin.
Jinping, X. (2017). The Governance of China II. Beijing: Beijing: Foreign Languages Press.
Montratama, Y. M. (2017). Quo Vadis Politik Luar Negeri Indonesia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Muhaimin. (2016, Juni 20). Insiden Indonesia dan China di Natuna sudah tiga kali. Retrieved from international.sindonews.co: https://international.sindonews.com/read/1118077/40/insiden-indonesia-dan-china-di-natuna-sudah-3-kali-1466385708
Prof. Zou Weikang, P. (2018). The Belt and Road Initiative; implementation, coordination and international financial cooperation. Seminar Internasional dengan tema: South-South Cooperation for Developing Countries, (pp. Prof. Zou Weikang , Powerpoint “The Belt and Road Initiative; implementation, coordination and international financial cooperation” yang disampaikan dalam Seminar Internasional dengan tema: South-South Cooperation for Developing Countries, Beijing, China,).
Richard Ghiasy, F. S. (2018). The 21th Century Maritime Silk Road; Security Implications and ways forward for the European Union. Stockholm: (SIPRI (Stockholm International Peace Research Institute).
Richard Ghiasy, F. S. (2018). The 21th Century Maritime Silk Road; Security Implications and ways forward for the European Union. Stockholm: (SIPRI (Stockholm International Peace Research Institute).
Stockholm International Peace Research Institute. (2018, September 4). new report on the 21st Century Maritime Silk Road. Retrieved from SIPRI (Stockholm International Peace Research Institute): https://www.sipri.org/news/2018/new-report-21st-century-maritime-silk-road
Tempo. (2014, november 13). Tempo.com. Retrieved from “Cara Jokowi Jadikan Indonesia Poros Maritim” : http://www.tempo.co/read/news/2014/11/13/118621707/Cara-Jokowi-Jadikan-Indonesia-Poros-Maritim,
Untung Suropati, Y. S. (2016). Arungi Samudera Besama Sang Naga; Sinergi Poros Maritim Dunia dan Jalur Sutera Maritim Abad ke -21. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Wahyono, S. (2007). Indonesia Negara Maritim. Jakarta: Teraju (Anggota IKAPI.
Warsito, P. T. (2015). Mengurai Silang-Sengkarut Sengketa di laut China Selatan. Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogjakarta.
www.csis.org. (2016, Desember 15). www.csis.org. Retrieved from “How Should we view China’s Rise?” : https://www.csis.org/analysis/how-should-we-view-chinas-rise
xinhuanet.com. (Belt and Road Initiative, agustus 2018). Belt and Road Initiative” Data Pemerintah China tersedia di Website Belt and Road Initiative, http://www.xinhuanet.com/silkroad/english/index.htm , diakses 23 Agustus 2018. Retrieved from www.xinhuanet.com: http://www.xinhuanet.com/silkroad/english/index.htm